8/05/2008

Synopsis The Melancholy of Suzumiya Haruni


Buat Anime Mania yang demen nonton anime ber-genre komedi, sometimes rada supranatural, Suzumiya Haruni bisa muasin hasrat kamu. Gaya Suzumiya Haruni yang super cuek, terkadang nyleneh, bahkan egois akan bikin kamu gemes. Masih sangsi? buktinya sebuah survei Online mengatakan bahwa TMSH mampu menggeser posisi Naruto sebagai anime paling populer dengan menduduki peringkat 3.

Sebenarnya Anime ini dirilis pada tahun 2006, yang menjadi perbincangan menghebohkan oleh para otaku dan anime mania lantaran konsep ceritanya yg “tidak biasa”. Anime berjudul Suzumiya Haruhi no yuutsu (The Melancholy of Suzumiya Haruhi ini diangkat dari Graphic Novel berjudul sama yg dikarang oleh Tanigawa Nagaru dan dipermanis dgn goresan gambar Noizi Ito.

Anime yg diproduksi oleh Kyoto Animation ini berjumlah 14 eps saja. (episode singkat yang nggak bikin boring)
Bercerita tentang seorang cowo bernama Kyon (Tomokazu Sugita), yg menghadapi tahun ajaran baru di SMU barunya. Semula ia mengira di SMU itu akan jd hari-hari yang biasa saja. Tapi semuanya berubah, sejak ia bertemu dgn cewe berambut coklat berpita, bernama Suzumiya Haruhi (Hirano Aya).

Di hari pertama masuk sekolah, semua murid saling memperkenalkan diri, dan ketika tiba saat giliran Haruhi memperkenalkan diri, kata-kata perkenalannya amat singkat dan membuat keheranan teman-temannya. “Namaku Suzumiya Haruhi. Terus terang saja, aku tidak tertarik terhadap manusia. Bagi siapa pun yang merasa dirinya adalah alien, esper, maupun time traveler, hubungilah aku.”

Kira-kira begitulah salam perkenalannya. Selama di kelas, Haruhi selalu acuh tak acuh. Saat diajak ngobrol, Haruhi tak peduli. Haruhi dianggap aneh oleh teman2nya. Apalagi, tiap hari Haruhi selalu berganti-ganti gaya rambut (dari kuncir buntut kuda, lalu dikepang, dicepol, dikuncir dua, dikuncir tiga dll), dan membuat teman2nya makin heran.

Karena tak tahan, Kyon pun mengajak Haruhi ngobrol. Saat ngobrol, Kyon berceletuk, “apa gaya rambutmu yg selalu berganti-ganti itu untuk menarik perhatian alien, esper dan time traveler?” Tak diduga, obrolan Haruhi dan Kyon sejak itu, menjadikan mereka berdua akrab (tp akrab bukan sebagai teman, Kyon lebih mirip spt pesuruh Haruhi ^_^;; ).Suatu siang, sebuah ide hinggap di Kepala Haruhi. Dengan bersemangat, Haruhi memberitahukan pada Kyon, bahwa ia akan membentuk club! Dan club itu dibentuk guna menyelidiki alien, esper dan time traveler.

Dengan dipaksa, Kyon pun ikut bergabung di club itu. Krn tak punya ruangan sendiri, Haruhi memakai ruangan club literature (yg tidak laku), dan mendapat tambahan anggota (mantan anggota club literature) bernama Nagato Yuki (Chihara Minori) . Cewe berambut pendek warna abu-abu ini amat dingin dan jarang bicara. Sehingga keberadaannya di club itu terkesan hanya aksesoris saja. Haruhi tak ambil pusing dgn keberadaan Yuki, dia hanya berfokus pada pencarian anggota club baru.

Setelah itu, Haruhi menyeret satu anggota baru lagi. Seorang cewe rambut panjang yang cute, berdada besar dan nampak pemalu. Nama cewe itu Asahina Mikuru (Goto Yuko), dan sebenarnya dia adalah senior! Meskipun Mikuru adalah senior, Haruhi tak peduli dan malahan Haruhi menyuruh Mikuru keluar dari club-nya dan bergabung di SOS Dan (Kyon berpikir, Haruhi sunggu cewe yg seenaknya sendiri). Mikuru direkrut Haruhi secara paksa, krn menurut Haruhi, Mikuru sangat Moe dan mampu menjadi mascot SOS Dan.

Tak lama kemudian, Haruhi pun berhasil mendapatkan anggota baru lagi, seorang cowo populer di kalangan para cewe yg bernama Koizumi Itsuki (Ono Daisuke).
Lagi-lagi Kyon menjadi bingung, kenapa jg orang-orang ini mau bergabung di club ini.
Club itu diberi nama SOS Dan (SOS Brigade) singkatan dari Sekai wo Ooini moriagerutame no Suzumiya Haruhi no Dan.

Apakah Haruhi berhasil meneliti Alien, Esper dan Time Traveler?
Dan apa pula tujuan sebenarnya Yuki, Mikuru dan Itsuki bergabung di SOS Dan?

Konsep anime ini cukup menarik, episode-episode yg agak membingungkan (agak diacak) justru menambah ketertarikan para fans-nya terhadap anime ini. Ending anime ini sedikit kurang memuaskan, krn masih banyak misteri yg belum terpecahkan.
Tapi season dua-nya diperkirakan akan tayang di Jpg sekitar musim semi (kabar masih simpang siur).
Satu lagi yg menarik dari anime Suzumiya Haruhi no Yuutsu adalah ost-nya yg menampilkan 5 anggota SOS Dan sedang dance (koreo dance-nya lcu banget deh!).
Bila sedang senggang, tak ada salahnya anda menonton anime ini, dan melihat bagaimana “aksi menggemparkan” Haruhi-sama!

Oh ya, kepupoleran Suzumiya Haruhi membuat para fans-nya, sampai-sampai ada julukan HARUHI-ISM, bagi siapa pun yg sudah tergila-gila pada anime ini. Kalau mau nonton anime ini, coba aja cari di youtube.com, atau kalau mau menunggu beberapa tahun, silahkan dengan site fav-ku crunchyroll.com. (ups, kl kalian ada tambahan comment, silahkan ya buat para Haruhi-ism)

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online