8/05/2008

All About Rurouni Kenshin (Samurai X)

Rurouni Kenshin, siapa yang tak kenal dengan karakter anime satu ini. Nama kenshin melejit karena kepiawaiannya dalam memainkan pedang. Pun demikian, nama itu semakin membahana dikalangan para otaku dan anime mania lantaran nama besar itu juga diambil dari judul animenya. Saya kenal Kenshin di era 2005 waktu masih kuliah semester 2. Kenshin di putar di SCTV setiap hari Minggu, anime ini menjadi anime fav-ku, sayangnya tiap kali diputar nggak pernah runtut jalan ceritanya. Ya lah, karna aku nggak rajin nongkrong di depan tv, apalagi hari minggu.

Rurouni kenshin, atau Samurai X ialah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang. Awalnya, Manga ini terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan telah dibukukan menjadi 28 seri buku. Di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2002 dengan judul Samurai X.
Dalam versi manga, Kenshin adalah seorang samurai dari kelompok Chosu yang telah berhasil memenangkan pertempuran pada jaman ke-shogun-an Tokugawa yang pada akhirnya membentuk jaman baru di Jepang yang disebut jaman Meiji. Pada jaman Meiji, seseorang tidak lagi diperbolehkan membawa pedang di jalanan.

Pada masa ini, Kenshin Himura atau lebih dikenal sebagai "Hitokiri Battousai" atau Batosai si pembantai, menyesali perbuatannya di masa lampau yang telah membunuh banyak orang, dan dia bersumpah untuk tidak membunuh seorangpun di masa ini. Untuk itu Kenshin menggunakan pedang "Sakabatou", yang bermata tajam terbalik.
Nama Samurai X pertama kali digunakan oleh ADV Films dalam merilis anime Rurouni Kenshin di Amerika. Nama ini diambil dari tanda bekas luka di wajah Kenshin yang berbentuk X.

Alur Cerita
Kisah Rurouni Kenshin bersetting pada tahun 1879 di negeri sakura, dimana jaman Tokugawa telah digantikan oleh jaman baru yang disebut Restorasi Meiji. Kenshin Himura, seorang samurai yang turut berjasa dalam pergantian era pemerintahan di Jepang, kini telah memutuskan untuk mengisi sisa hidupnya untuk mengembara dan sebagai pelindung rakyat setelah sebelumnya ia menjadi seorang Battosai ( pembantai ) di era Tokugawa. Untuk menebus dosa-dosanya tersebut, Kenshin telah mengganti pedang tajamnya dengan Sakabatou ( pedang bermata terbalik ) sebagai tanda bahwa ia tidak ingin membunuh lagi dan bertujuan untuk melindungi kaum lemah tanpa harus melukai maupun membunuh lawannya.

Dalam perjalanannya, Kenshin bertemu dengan Kaoru Kamiya, seorang gadis yang berperan sebagai guru kendo sekaligus pemilik doujinshi ( perguruan ) aliran Kamiyakashin. Setelah itu, Kenshin memutuskan untuk menetap di perguruan Kamiyakashin untuk melindungi sekaligus membantu Kaoru dalam meneruskan dan mengajarkan aliran pedang tersebut.

Seperti film, drama, atau sinetron, anime lazim dibumbuhi percintaan. Cerita perjalanan Kenshin semakin apik dan terkesan manis lantaran kisah cintanya dengan Kaoru. Bahkan adegan-adegan kocak dan funny kerap kali menambah manis anime ini. Selain Kaoru, ada Yahiko Myoujin, anak keluarga samurai berumur 10 tahun, segera menjadi murid dari aliran tersebut setelah sebelumnya bekerja sebagai pencopet dan ditolong oleh Kenshin ketika dihajar oleh kelompok penjahat. Selain itu juga ada Sanosuke Sagara, seorang berandalan muda dan kuat yang akhirnya menjadi teman seperjuangan Kenshin, dan Megumi Takani, gadis yang sebelumnya dipaksa oleh sebuah organisasi kejahatan untuk membuat opium ( dan ditolong pula oleh Kenshin dkk. ), namun ahli dalam bidang pengobatan dan kedokteran.

Seiring dengan berkembangnya cerita, masa lalu Kenshin pun kembali terkuak. Kini ia harus benar-benar berjuang untuk melindungi Jepang, baik dari serangan pihak dalam maupun luar. Bersama Saitou Hajime, mantan anggota Shinsengumi yang pro - pemerintah, Kenshin berjuang untuk menggagalkan niat Makoto Shishio, seorang samurai yang dendam kepada pemerintah karena sebelumnya pernah dibakar hidup-hidup dan berniat untuk balas dendam sekaligus menguasai seluruh Jepang.


Buat yang suka banget dengan cerita Kenshin & nggak pernah runtut ngliatnya, bias didownload di banner sebelah kanan itu tu.. lengkap semuanya. Tapi kalo mau yang versi flv-nya, tunggu mpe site crunchyroll.com menghapus lisensi tayangannya.
Anyway, cerita Kenshin emang bagus banget, bahkan dalam vote online yang dilakukan oleh Bayesian di Amrik sana, Kenshin mendapatkan rating peringkat number one. Ya lah, memang Nobuhiro Watsuki layak disejajarkan dengan penulis manga terbaik di negeri impianku Jepang. Yah, kalau Anda sepakat kalau dia sekaliber Naoko Takeuchi yang ngarang Sailormoon!!? How about it!?

Sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online